Cengkraman Kuat Nikung juga Oke
Mizzle adalah ban produksi dari dalam negeri yang populer di kalangan teknisi khusus sepeda motor. meski buatan lokal, namun kualitasnya jangan disangkal karena dijamin tidak akan mengecewakan. Soal harga, ban Mizzle juga termasuk murah dibandingkan dengan ban-ban merk lain.
Hampir pada semua produknya, ban Mizzle memakai medium soft-compound yang membuat daya cengkram yang dihasilkan ban ini sangat baik di berbagai kondisi medan jalan. baik medan beraspal, tidak beraspal, maupun jalanan yang becek.
Kali ini bikergadungan tanpa sengaja kepincut untuk mengganti ban bawaan NVL kesayangannya yang sudah gundul dengan ban Mizzle tipe Road Runner. Kenapa bikergadungan bilang "tanpa sengaja kepincut"?? karena awalnya bikergadungan ingin mengganti ban NVL dengan ban merk Swallow tipe SB117, tetapi ketika mengunjungi salah satu toko ban di Kota Pekalongan toko tersebut sudah tidak menyediakan ban dengan merk Swallow.
Dengan sedikit kecewa bikergadungan akhirnya meminta rekomendasi pemilik toko tentang ban yang ukirannya mirip-mirip lah dengan Swallow SB117 ala ban adventure. Pemilik toko memberi dua pilihan alternatif merk ban, yaitu Zeneos Turino dan Mizzle Road Runner. Nah ketika dihadapkan dua pilihan ini bikergadungan mulai galau memilih antara ban Zeneos atau Mizzle karena keduanya memiliki ukiran ban yang menurut bikergadungan sama-sama keren.
Yak.. akhirnya bikergadungan mulai melirik merk Zeneos, akan tetapi...... ketika si pemilik toko bilang kalo ban Zeneos Turino yang tersedia di toko hanya ukuran 160 dan 120 bikergadungan langsung galau lagi. (galauan banget nih... pasti abis diputusin pacar ya??? behahaha) Ya galau lah karena bikergadungan pengennya ganti ban belakang yang ukurannya sedikit lebih gede dari ori NVL dan begitu pula dengan ban depannya.
Akhirnya bikergadungan memilih ban Mizzle Road Runer yang notabene pilihan ukuran ban-nya lebih beragam, dan dengan rada deg deg-an bikergadungan memutuskan untuk mengambil ban Mizzle Road Runner ukuran 130 dan 110 dan dipasang lah ban tersebut tanpa lama oleh sang mekanik. Tidak lupa bikergadungan juga membeli cairan "anti bocor" untuk ban barunya biar ga bocor-bocor hehehehe... Total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 780.000 ,- sudah termasuk ban, cairan anti-bocor, ongkos pasang+nitrogen. Untuk rincian biaya yang dikeluarkan bisa lihat di gambar ini:
Pada awal pemakaian terasa sekali bedanya saat si NVL di ajak untuk zig-zag dan belak belok. Sensasi pertama yang dirasakan adalah si NVL jadi agak berat untuk diajak belak belok begitu pula untuk tarikannya juga terasa lebih berat. (ya iyalah... lha wong diganti ban yang lebih besar ya efeknya begono noh). Tetapi secara pribadi bikergadungan malah merasa lebih nyaman, karena si NVL menjadi terasa jauh lebih anteng ketimbang memakai ban bawaan yang ukurannya 120 dan 90. Di bawa untuk nikung juga masih enak, mungkin karena ukiran bannya yang tidak terlalu berbentuk 'tahu'(kotak-kotak ala motor adventure). Selama hampir 2 minggu pemakaian ban Mizzle ini bikergadungan merasa cengkraman NVL jauh semakin kuat, bahkan si NVL juga pernah diajak banjir-banjiran dan minim ban selip padahal medannya adalah tanah liat yang tergenang banjir (sambil bergumam kagum wah pancen top ini ban).
Sekian cerita pendek dari bikergadungan yang sedang menggalau. Bagi bro-bro semua yang memiliki rencana untuk mengganti ban motor, Mizzle bisa menjadi salah satu pilihan yang mungkin memang perlu untuk dilirik.. behahahaha.
kalo dipake nikung di jalanan basah / hujan kerasa licin gak mas?
ReplyDeletekalo jalanan basah tetep licin Pak,, tapi tidak selicin ban model hard compound
Delete