Saturday, July 23, 2016

Modifikasi Ringan Yamaha Vixion Untuk Performa Maksimal

Hai para bikerwan dan bikerwati seluruh Indonesia baik dari dunia nyata maupun alam ghaib (Auuuuuuu~~~~.. ) terkhususnya para pengguna vixion. Kali ini ada tips dari bikergadungan agar vixion kalian bisa mengeluarkan tenaga maksimal.

Yamaha vixion beberapa tahun terakhir memang merajai di kelas sport 150 cc. Motor yang dibekali dengan mesin injeksi ini mampu mengeluarkan tenaga 11,1 kw pada putaran 8500 rpm.

Bagi kalangan pengguna vixion terutama yang suka modifikasi, masih saja ingin mengupgrade mesin tunggangannya agar mempunyai power yang lebih mantab dibanding standarnya.

Beberapa cara mulai dari bore-up, kepras kepala silinder, ganti connecting rod dan lainnya pun dilakukan. Namun untuk melakukan hal itu tentu tidak membutuhkan biaya yang sedikit. Nah bagi anda yang ingin vixionya mempunyai tenaga yang maksimal namun tidak mengeluarkan budget yang tidak begitu banyak, berikut bikergadungan sampaikan modifikasi ringan agar tenaga vixion jadi maksimal.


Modifikasi Ringan Vixion Tenaga Jadi Maksimal 

1. Ganti Busi Iridium
Busi sangat vital peranannya dalam proses pembakaran. Pembakaran yang sempurna salah satunya dipengarui oleh kualitas dari percikan bunga api busi. Busi iridium dianggap mampu mengeluarkan api yang besar serta lebih fokus. Selain itu busi ini juga tahan terhadap suhu tinggi.

2. Stel CO
Menyetel CO sama halnya menyetel perbandingan campuran bahan pada karburator. Untuk melakukan penyetelan CO dilakukan di bengkel resmi yamaha, karena harus menggunakan peralatan bernama FI Diagnostic Tool. Untuk mesin yang sudah di modif, biasanya distel antara +10 hingga +20. Dengan penyetelan CO diharapkan mampu menyuplai kebutuhan bahan bakar yang diperlukan.

3. Ganti Per Kopling
Kopling adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan antara putaran mesin dengan transmisi. Kehilangan tenaga (lost power) pada kopling biasanya disebabkan lemahnya per kopling. Dengan mengganti per kopling yang lebih kuat maka diharapkan tenaga yang dihasilkan mesin akan ditransfer ke transmisi 100%.

4. Menggunakan knalpot free flow
Dengan mengganti knalpot standar dengan knalpot free flow diharapkan mampu menigkatkan performa vixion. Knalpot R9, AHRS, TDR adalah pilihan tepat untuk mengganti knalpot standar. Dengan knalpot tersebut maka aliran gas buang akan langsung keluar sehingga lebih leluasa. Tapi hati-hati masbero.. di beberapa daerah di Indonesia make knalpot non pabrikan seperti ini bisa kena sanksi tilang.

5. Menggunakan bahan bakar beroktan tinggi
Karena vixion ini memiliki perbandingan kompresi lebih dari 10 maka kurang bijak rasanya jika masih dikasih minum bahan bakar premium. Pertamax adalah pilihan yang tepat agar tenaga si vixi lebih optimal. Bahan bakar yang beroktan rendah kurang tahan terhadap tekanan kompresi. Oleh karena itu kendaraan yang mempunyai perbandingan kompresi yang tinggi seperti vixion dibutuhkan bahan bakar yang mampu bertahan terhadap tekanan kompresi.

Sekian sedikit ulasan bikergadungan mengenai Modifikasi Ringan Yamaha Vixion Untuk Performa Maksimal.

Sing penting utamakan keamanan dan keselamatan bray... Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment